Rabu, 13 April 2011

RPP LUAS TRAPESIUM


Rencana pelaksanaan pembelajaran

“matematika kelas V semester 2”

                                               
 


OLEH:

DIAN FITRIA
(A1G008030)

Kelompok 5

v ARI PUTRA WIJAYA      (A1G008019)
v BUDI SETIAWAN           (A1G008024)
v DWI APRIANTI. P           (A1G008034)
v ENDA DEVITA               (A1G008040)
v IKA INZANI                    (A1G008048)

Kelas: VI A


DOSEN PEMBIMBING : DRA. V. KARJIATI, M.PD




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Jurusan ilmu pendidikan
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2011







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Alokasi Waktu
Jumlah Pertemuan
Hari/Tanggal
:
:
:
:
:
:
SD
Matematika
V/II
2 x 35 Menit
1x Pertemuan

A.   STANDAR KOMPETENSI
3.    Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

B.   KOMPETENSI DASAR
3.1.  Menghitung luas trapesium dan layang-layang

C.   INDIKATOR
Kognitif Produk
1.        Menjelaskan satuan luas.
2.        Menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
3.        Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium.
Kognitif Proses
1.        Melakukan kegiatan matematis untuk menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
2.       Melakukan kegiatan matematis untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium.
Indikator Afektif (Keterampilan Sosial)
1.        Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti, tekun, tanggung jawab, kerjasama, jujur, kesabaran, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
2.        Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.
Psikomotor
Mensimulasikan cara menghitung luas bangun datar trapesium dengan membagi trapesium menjadi dua segitiga kemudian menjumlahkan kedua segitiga tersebut.

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif Produk
Diberikan media bangun datar trapesium, siswa dapat:
1.        Menjelaskan satuan luas.
2.        Mengenal bagian-bagian trapesium.
3.        Menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
Proses
Diberikan soal yang dilengkapi dengan gambar bangun datar trapesium, secara matematis siswa dapat:
1.        Menemukan rumus luas bangun datar trapesium tersebut.
2.        Menghitung luas bangun datar trapesium tersebut.
Afektif
1.        Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sambil mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti, tekun, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kesabaran, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
2.        Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sambil mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.
Psikomotor
Dengan diberikan media gambar bangun datar trapesium beserta ukuran sisi atas, sisi alas dan ukuran tinnginya, siswa dapat mensimulasikan cara menghitung luas bangun datar trapesium dengan membagi trapesium menjadi dua segitiga kemudian menjumlahkan kedua segitiga tersebut.

E.   MATERI PEMBELAJARAN
Luas Trapesium

F.   PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
a.         Pendekatan    : Pemecahan masalah
b.        Metode                      
1)       Kerja kelompok
2)       Penugasan
3)       Tanya jawab
4)       Diskusi kelas
5)       Simulasi

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.   Pendahuluan 15 menit)
a.    Pra kegiatan (± 5 menit)
1)       Siswa berbaris di depan kelas.
2)       Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan buku pembelajaran.
b.    Kegiatan pembuka (± 10 menit)
1)       Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap belajar.
2)       Guru dan siswa berdoa.
3)       Guru mengecek kehadiran siswa.
4)       Guru menyampaikan apersepsi dengan cara:
Ø  Guru bertanya pada siswa “ anak-anak siapa yang tahu atap sekolah kita kalau dilihat dari halaman depan berbentuk apa?”
Ø  Setelah siswa menjawab, guru meminta salah seorang siswa untuk menggambarkan bentuk dari atap sekolah tersebut (bangun datar trapesium).
Ø  Kemudian guru bertanya pada siswa “Nah anak-anak seluruh permukaan dari gambar atap sekolah kita dinamakan apa?”
Ø  Selanjutnya guru mengarahkan jawaban siswa kemateri pembelajaran.
5)       Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

2.   Kegiatan inti (± 45 menit)
a.         Siswa diminta membuka buku pelajaran matematika tentang luas trapesium.
b.        Guru memberikan penjelasan secara singkat tentang satuan luas dan cara menentukan satuan luas dalam cm² dan m².
c.         Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang satuan luas.
d.        Guru menunjukkan media bangun datar trapesium.
e.         Siswa memperhatikan media tersebut.
f.          Kemudian guru menjelaskan tentang macam-macam bangun datar trapesium, bagian-bagian bangun datar trapesium, dan cara menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
g.        Siswa menyimak penjelasan guru dan menanyakan jika ada yang belum jelas.
h.        Guru memberikan contoh soal yang berkaitan dengan luas bangun datar trapesium dan menjelaskan cara menyelesaikan soal tersebut.
i.           Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok secara heterogen.
j.           Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok, kemudian menjelaskan langkah kerja pada LKS.
k.         Siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing.
l.           Guru memberikan bimbingan baik secara individu maupun kelompok kepada siswa yang mengalami kesulitan.
m.      Guru memberikan penilaian proses
n.        Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan.
o.        Guru dan siswa bersama-sama memeriksa hasil presentasi di depan kelas.
p.        Kelompok yang terlibat aktif dalam pembelajaran dan berani maju mendapat penguatan dari guru baik secara verbal maupun non verbal.
q.        Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada materi yang masih belum jelas.
r.         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi mereka.

3.   Kegiatan penutup (± 10 menit)
a.         Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
b.        Guru memberikan evaluasi.
c.         Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas di rumah yaitu dengan mengukur benda-benda yang ada di sekitar rumah yang memiliki permukaan berbentuk trapesium, setelah itu menghitung luas permukaan benda tersebut.
d.        Guru mengakhiri pembelajaran dengan pesan dan kesan yang menyenangkan.

H.  MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.    Media :
Bangun datar trapesium.
b.    Sumber :
1.        Buku Sekolah Elektronik (Matematika untuk SD/MI Kelas 1, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional).
2.        Buku Sekolah Elektronik (Gemar Matematika untuk SD/MI Kelas 1, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional).
3.        KTSP dan Silabus Matematika Kelas V semester 2.

I.     PENILAIAN
Penilaian proses dan penilaian konsep.
1.   Penilaian Proses

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Keseriusan dalam pembelajaran
Keaktifan dalam belajar
Sikap dan perilaku dalam pembelajaran
Jumlah nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1














2














3














4














5














6














7














8














9














10














11














12














13














14














15














16














17














18














19














20















Keterangan :
1 = kurang    
3 = baik
2 = cukup      
4 = baik sekali
 
2.   Penilaian Konsep
Prosedur               : Post test
Jenis                       : Tertulis
Bentuk                   : Essay
Penskoran            : Jumlah soal = 4
1 soal nilainya 25
Skor = jumlah soal x nilai
= 4 x 25 = 100



DAFTAR PUSTAKA
Sumanto, Y.D. dkk. (2008). Gemar Matematika 5 SD dan MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional,
Soenarjo, R.J. (2008).  Matematika 5 SD dan MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional,








Dosen Pembimbing




Dra. V. Karjiati, M. Pd
NIP.
Bengkulu,      April 2011
Praktikan




Dian Fitria
NPM: A1G008030




 
Lampiran 1
Lembar Kerja Siswa

Kelompok       :
Anggota          : 1.                                   3.                                     5.
                          2.                                   4.                                     6.
Kelas               : V
Tanggal          :     April 2011
Petunjuk      
1.      Bacalah perintah soal dengan teliti!
2.      Diskusikan dengan kelompokmu soal-soal yang ada di LKS!
3.      Tuliskan jawaban pada kertas yang telah disediakan!

Soal:
1)      Hitunglah  luas dari gambar bangun datar trapesium di bawah ini!

2)      Tabel berikut merupakan ukuran-ukuran pada trapesium. Buat dan lengkapilah tabel di bawah ini.
No.
Sisi Atas (a)
Sisi Alas (b)
Tinggi (t)
Luas (L)
1.
28 cm
36 cm
23 cm
. . . . . m²
2.
12 cm
. . . . . cm
9 cm
162 cm²

3)      Pak Joko mempunyai sawah yang berbentuk trapesium sembarang. Jarak pematang-pematang sawah yang sejajar 7 meter. Kedua pematang sawah yang sejajar berukuran 9 meter dan 17 meter. Berapa cm² luas sawah Pak Joko?

4)      Aku adalah atap rumah. Dilihat dari samping, aku berbentuk trapesium samakaki. Dengan panjang sisiku yang sejajar adalah 3 meter dan 5 meter, sedangkan luasku adalah 16 m². Berapakah tinggiku?



 Lampiran 2
KUNCI JAWABAN lks

1)       
Diketahui:
Sisi atas (CD)      = 12 cm
Sisi alas (AB)       = 18 cm
Tinggi (AD)         = 10 cm
Ditanya: Luas ABCD?
Penyelesaian:
Luas ABCD =  x (CD + AB)
2)       x AD
= x (12 cm + 18 cm)
 x 10 cm
=  x 30 cm
 x 10 cm
= 15 cm x 10 cm
= 150 cm²
Jadi, luas dari gambar bangun datar trapesium tersebut adalah 150 cm².

2)       
No.
Sisi Atas (a)
Sisi Alas (b)
Tinggi (t)
Luas (L)
1.
28 cm
36 cm
23 cm
0,0736 m²
2.
12 cm
24 cm
9 cm
162 cm²

Uraian jawaban pada tabel.
1.         Diketahui:
Sisi atas (a)  = 28 cm
Sisi alas (b)  = 36 cm
Tinggi (t)      = 23 cm
Ditanya: Luas . . . m²?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
1)             x t
= x (28 cm + 36 cm)
 x 23 cm
=  x 64 cm
 x 23 cm
= 32 cm x 23 cm
= 736 cm²
= 736 : 10.000 = 0,0736 m²
Jadi, luas trapesium adalah 0,0736 m².

2.         Diketahui:
Sisi atas (a)  = 12 cm
Tinggi (t)      = 9 cm
Luas (L)       = 162 cm²
Ditanya: Sisi alas (b) . . . cm?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
2)             x t
(a + b)
3)                                                          x t  = 2L
b x t = 2L  a
b =
b =    12 cm
b =    12 cm
b = 36 cm²  12 cm
b = 24 cm
Jadi, panjang sisi alas trapesium adalah 24 cm.


3)      Diketahui:
Sisi atas (a)  = 9 m
Sisi alas (b)  = 17 m
Tinggi (t)      = 7 m
Ditanya: Luas . . . cm²?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
4)    x t
= x (9 m + 17 m)
 x 7m
=  x 26 m
 x 7 m
= 13 m x 7 m
= 91 m²
= 91 x 10.000 = 910.000 cm²
Jadi, luas sawah Pak Joko adalah 910.000 cm².

4)      Diketahui:
Sisi atas (a)  = 3 m
Sisi alas (b)  = 5 m
Luas (L)       = 16 m
Ditanya: Tinggi (t) . . . m?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
5)             x t
(a + b)
6)                                             x t  = 2L
t =
t =
t =
t = 4 m
Jadi, tinggiku adalah 4 m.



Lampiran 3
SOAL EVALUASI

A.   Tabel berikut merupakan ukuran-ukuran pada trapesium. Buat dan lengkapilah tabel di bawah ini.
No.
Sisi Atas (a)
Sisi Alas (b)
Tinggi (t)
Luas (L)
1.
11 m
13 m
7 m
. . . . . cm²
2.
9 cm
17 cm
. . . . . cm
104 cm²

B.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.      Pak Sani mempunyai tanah kosong berbentuk trapesium sembarang. Jarak sisi-sisi tanah  yang sejajar 12 meter. Kedua sisi tanah yang sejajar tersebut berukuran 23 meter dan 29 meter. Berapa m² luas tanah Pak Sani?
2.        Aku adalah tembok samping rumah yang berbentuk trapesium siku-siku. Dengan tinggiku 4 meter, sedangkan panjang sisi alasku 9 meter. Jika luasku 32 m², berapakah panjang sisi atasku ?

Keterangan :
Soal A
Nomor 1 = skor 25
Nomor 2 = skor 25
Soal B
Nomor 1 = skor 25
Nomor 2 = skor 25
Skor = jumlah soal x nilai
= 4 x 25 =100



Lampiran 4
KUNCI JAWABAN evaluasi

A.                 
No.
Sisi Atas (a)
Sisi Alas (b)
Tinggi (t)
Luas (L)
1.
11 m
13 m
7 m
840.000 cm²
2.
9 cm
17 cm
8 cm
104 cm²

Uraian jawaban pada tabel.
1.        Diketahui:
Sisi atas (a)     = 11 m
Sisi alas (b)     = 13 m
Tinggi (t)        = 7 m
Ditanya: Luas . . . cm²?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
7)                  x t
= x (11 m + 13 m)
 x 7 m
=  x 24 m
 x 7 m
= 12 m x 7 m
= 84 m²
= 84 x 10.000 = 840.000 cm²
Jadi, luas trapesium adalah 840.000 cm².

2.        Diketahui:
Sisi atas (a)     = 9 cm
Sisi alas (b)     = 17 cm
Luas (L)          = 104 cm
Ditanya: Tinggi (t) . . . cm?

Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
8)                  x t
(a + b)
9)          x t = 2L
t =
t =
t =
t = 8 cm
Jadi, tinggi trapesium adalah 8 cm.

B.                  
1.        Diketahui:
Sisi atas (a)     = 23 m
Sisi alas (b)     = 29 m
Tinggi (t)        = 12 m
Ditanya: Luas . . . m²?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
10)        x t
= x (23 m + 29 m)
 x 12 m
=  x 52 m
 x 12 m
= 26 m x 12 m
= 312 m²
Jadi, luas tanah Pak Sani adalah 312 m².

3.        Diketahui:
Sisi alas (b)     = 9 m
Tinggi (t)        = 4 m
Luas (L)          = 32 m²
Ditanya: Sisi alas (a) . . . m?
Penyelesaian:
Luas =  x (a + b)
11)         x t
(a + b)
12)        x t  = 2L
a x t = 2L  b
a =
         a =    9 m
a =    9 m
a = 16 m²  9 m
a = 7 m
Jadi, panjang sisi atasku adalah 7 m.





SILABUS luas trapesium


Nama Sekolah             : SD
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas                              : V
Semester                       : II
Standar Kompetensi  : 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar      : 3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indikatoor
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

Luas Trapesium
Kognitif Produk
1.    Menjelaskan satuan luas.
2.    Menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
3.    Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium.

Kognitif Proses
1.    Melakukan kegiatan matematis untuk menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
2.    Melakukan kegiatan matematis untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium.

Indikator Afektif (Keterampilan Sosial)
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti, tekun, tanggung jawab, kerjasama, jujur, kesabaran, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.

Psikomotor
Mensimulasikan cara menghitung luas bangun datar trapesium dengan membagi trapesium menjadi dua segitiga kemudian menjumlahkan kedua segitiga tersebut.
a.    Guru memberikan penjelasan secara singkat tentang satuan luas.
b.    Guru menunjukkan media bangun datar trapesium.
c.     Guru menjelaskan cara menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
d.    Siswa menyimak dan menanyakan jika ada yang belum jelas.
a.    Guru memberikan contoh soal.
b.    Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok secara heterogen.
c.     Guru membagikan LKS kemudian menjelaskan langkah kerja pada LKS.
d.    Siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing.
e.    Guru memberikan bimbingan baik secara individu maupun kelompok.
f.      Guru memberikan penilaian proses
g.    Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
h.    Guru dan siswa bersama-sama memeriksa hasil presentasi.
i.      Guru memberikan penghargaan.
j.      Siswa bertanya jika ada materi yang masih belum jelas.
k.    Siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi mereka.


Jenis:
1.     Keaktifan
2.     Tugas kelompok
3.     Tugas individu

2 x 35 Menit
1.     Buku Sekolah Elektronik (Matematika untuk SD/MI Kelas 1, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional).
2.     Buku Sekolah Elektronik (Gemar Matematika untuk SD/MI Kelas 1, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional).
3.     KTSP dan Silabus Matematika Kelas V semester 2.




Kisi-kisi Penilaian (LUAS TRAPESIUM)

Mata Pelajaran                               :  Matematika
Kelas/semester                               :  V/II
Standar Kompetensi                                 :  3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                          :  3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

NO
INDIKATOR

TUJUAN
PENILAIAN

Kognitif Produk
1.    Menjelaskan satuan luas.
2.    Menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
3.    Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium.

Kognitif Proses
1.    Melakukan kegiatan matematis untuk menemukan rumus luas bangun datar trapesium.
2.    Melakukan kegiatan matematis untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium.

Indikator Afektif (Keterampilan Sosial)
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti, tekun, tanggung jawab, kerjasama, jujur, kesabaran, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.


Psikomotor
Mensimulasikan cara menghitung luas bangun datar trapesium dengan membagi trapesium menjadi dua segitiga kemudian menjumlahkan kedua segitiga tersebut.
Kognitif Produk
Diberikan media bangun datar trapesium, siswa dapat:
1.        Menjelaskan satuan luas.
2.        Mengenal bagian-bagian trapesium.
3.        Menemukan rumus luas bangun datar trapesium.


Proses
Diberikan soal yang dilengkapi dengan gambar bangun datar trapesium, secara matematis siswa dapat:
1.        Menemukan rumus luas bangun datar trapesium tersebut.
2.        Menghitung luas bangun datar trapesium tersebut.

Afektif
1.        Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sambil mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: teliti, tekun, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kesabaran, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
2.        Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sambil mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbangkan ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.

Psikomotor
Dengan diberikan media gambar bangun datar trapesium beserta ukuran sisi atas, sisi alas dan ukuran tinnginya, siswa dapat mensimulasikan cara menghitung luas bangun datar trapesium dengan membagi trapesium menjadi dua segitiga kemudian menjumlahkan kedua segitiga tersebut.


LP 01 butir 1
LP 01 butir 2
LP 01 butir 3
LP 01 butir 4

1 komentar: